Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Senin, 15 Juli 2013

Tiket Refund KA


Sebulan setelah proses pembatalan tiket kereta di Stasiun Kota. Akhirnya tiba tanggalnya pengambilan dana tiket kereta yang dibatalkan. Minggu siang, saya sempatkan diri menuju Stasiun Kota.  Perjalanan saya awali dengan menggunakan bus Transjakarta menuiu stasiun Kota. Karena mama saya ingin tau juga proses pencairan dana itu, ya sudah saya ajak saja beliau.
Stasiun kota sebagai shelter bus terakhir sudah banyak mengalami perubahan. Tetapi tujuan saya eh .. kami bukan pada shelter bus tersebut tetapi kepada Stasiun Kereta Apinya. Letak dari loket Refund itu ada di dekat pintu masuk yang dekat gedung BNI 46. Dari kejauhan antrian panjang dari loket untuk pemesanan tiket sudah cukup panjang hingga sejajar dengan box atm mandiri.
Sebulan sejak saya terakhir dari Stasiun Kota, banyak mengalami perubahan terutama di loket pemesanan tiket. Sudah ada loket khusus yang disediakan tergantung dari kebutuhan calon penumpang kereta api. Dan diatas loket sudah ada layar TV LCD yang menampilkan nama kereta dan jumlah kursi yang tersedia sesuai tujuannya masing-masing – untuk tujuan kereta jarak jauh seperti ke Jawa Tengah atau ke Jawa Timur.
Mata saya mencari loket yang khusus untuk pengambilan refund dari pembatalan tiket sebulan yang lalu. Ada dua tiket yang satu saya ambil tunai di loket stasiun kereta api dan satunya lagi ditransfer ke rekening tabungan bank.  Di atas loket saya membaca dengan seksama persyaratan yang harus dibawa untuk proses refund ini. Uff syukur dan beruntungnya saya , karena persyaratan itu sudah saya lakukan pada saat pembatalan tiket di satu bulan yang lalu.
Kalau ada yang pintar menebak, jawabannya adalah surat kuasa dari si penumpang.  Tiket yang saya refund penumpangnya itu ada di kota Manado – Sulawesi Utara. Pikiran saya waktu itu , gila aja mana mungkin saya harus ngejar-ngejar itu penumpang kereta sampai ke Manado untuk minta KTP aslinya supaya duit saya bisa keluar. Makanya malam itu juga saya buat surat kuasa untuk pengambilan dana tunai dari refund atas tiket dari kode booking yang dibatalakan sejumlah sekian. Trus tanda tangan diatas materai 6.000. Dan tak lupa saya fotocopy juga KTP penumpangnya.

Korelasinya kenapa seperti itu? Karena pada formulir Pembatalan tiket ditulis oleh petugasnya ambil tunai di stasiun Jakarta Kota. Langsung deh saya puter otak gimana caranya supaya  jalurnya yang bener secara administrasinya. Maka teringatlah saya dengan surat kuasa seperti yang selalu kantor saya lakukan bila melakukan delegasi tugas. Dan ternyata di dukung dengan Formulir Pembatalan Tiket dan print out bukti pembatalan tiket yang dilakukan oleh petugas tiket satu bulan yang lalu – yang tertulis tanggal pengambilan, dan disertai fotocopy KTP penumpang yang tertulis , akhirnya duit refund itu bisa keluar juga.
Lalu bagaimana dengan yang ditransfer ke rekening?  Juga dlakukan oleh pihak KAI dan sepertinya tidak meleset dari waktu yang di print out pada bukti pembatalan tiket yang biasanya dilakukan dibalik kertas Formulir Pembatalan Tiketnya.
Oleh sebab itu baik agen tiket, seorang ticketing dan calon penumpang kereta juga turut berhati-hati dan teliti kudu musti ada. Repot bener loh urusin semua itu kalau ada kesalahan atau perubahan nama atau tanggal keberangkatan yang sudah masuk dalam system.  Pada saat pengisian pembatalan tiket juga mohon diisi dengan jelas stasiun mana dana tersebut diambil dan segera siapkan surat kuasanya bila nama penumpang bukan nama sendiri serta fotocopy identitas dirinya sebagai bukti. Dan kalau ditansfer juga jelas nama bank ,nomor rekening dan nama pemilik rekening yang akan menerimanya.

Karena semua itu demi kelancaran diri sendiri atau penumpang tersebut bila melakukan pengambilan refund. Saya hanya menganjurkan agar nantinya bisa lancar daripada nanti pas disana kecewa, mau marah –marah juga percuma apalagi marah yang juga kesalahan kita sendiri..   Semoga tulisan saya bermanfaat bagi Indonesia!

Salam
Veronica Setiawati
Jkt 15 Juli 2013

1 komentar:

terima kasih atas komentar anda :)