Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Senin, 25 April 2011

SELAMAT PANJANG UMUR – by Andar Ismail


Resensi Buku II
SELAMAT PANJANG UMUR – by Andar Ismail

ISBN : 978-979-415-827-2
Judul buku : Selamat Panjang Umur : 33 renungan tentang hidup/oleh Andar Ismail, Cet. 13 – Jakarta : Gunung Mulia, 2007. Viii, 150 hlm; 21 cm.
Penerbit PT. BPK Gunung Mulia – Jl. Kwitang 22 – 23 Jakarta 10420
Ketika awalnya melihat buku ini bertengger manis di rak toko buku, saya bermaksud untuk memberikannya kepada seorang teman sebagai hadiah. Sebab teman saya sedang berulang tahun. Maksud hati ingin memberi, namun sepertinya hadiah saya ditolak secara halus. Ya sudah daripada dibuang di tempat sampah, saya simpan saja buku ini dan membacanya sampai habis.
Kata pengantar yang indah ditulis serta spasi yang tidak terlalu rapat serta font tulisannya yang besar, membuat saya senang membacanya.  Awal dari kata pengantar yang sangat mengajak pembaca untuk tidak cepat-cepat menutup buku ini. Satu paragraph tertulis disana “Untuk maksud itulah buku ini ditulis, yaitu mengajak Anda mereflesikan kedalaman hakikat dan arti hidup.” ( hal vii ) . Namun sayang, jika ingin menghubungi penulisnya tidak tercantum alamat emailnya kecuali email penerbit. Mungkin juga, pada tahun 1995 saat buku ini pertama kali diterbitkan , internet belum terlalu popular seperti sekarang ini.
Cover buku sederhana sekali hanya berwarna hijau dan bergambar sebuah pohon bonsai tanpa pot. Di cover belakang sebuah perkenalan singkat Andar Ismail serta testimoni umum mengenai bukunya yang merupakan kumpulan renungan Seri Selamat. Di buku ini merupakan salah satu buku seri selamatnya, Selamat Panjang Umur yang terdiri dari 33 judul renungan.
Awal renungannya yang ia tulis di bukunya ini berisi tentang sebuah refleksi “Apa Arti Hidup?” Seberapa lama umur manusia dan apa saja yang sudah dilakukannya sepanjang hidup. Sampai pada sebuah kesimpulan bahwa hidup manusia bukan diukur dari panjang atau pendeknya umur melainkan dari isinya.
Tiap renungan berisi hal yang baru dan berbeda temanya. Penulis banyak  mengadopsi tuilisannya dari kisah sehari-hari, mitos atau dongeng rakyat , cuplikan sejarah serta ilustrasi cerita yang menarik. Sehingga siapapun yang membacanya akan merasa santai seperti membaca sebuah dongeng yang sarat nilai dan makna yang mendalam.
Buku Andar Ismail merupakan sebuah buku rohani Kristiani. Terdapat ayat-ayat pendukung dari Alkitab yang dikutip guna mempertegas renungannya. Buku Selamat Panjang Umur sepertinya mengajak pembacanya, bila hendak mendapatkan umur panjang supaya lebih banyak bersyukur, berserah kepada Tuhan, tidak terlalu berpegang erat pada harta duniawi, dan mengasihi sesama manusia.
Contohnya adalah ketika penulis menceritakan persahabatannya dengan Syarif, sahabatnya yang berbeda keyakinan dengannya. Karena begitu dekatnya hingga ia menggunakan nama sahabatnya tersebut untuk nama anaknya.
Seperti yang penulis tuturkan dalam lembar terakhir bukunya. Perjalanan hidup memerlukan tujuan yang jelas dan motivasi yang kuat. Perjalanan hidup bukan asal jalan dan asal maju. Tuhan masih memberikan umur panjang maka sepantasnya kita jalani hidup ini agar menjadi berkat untuk orang lain. Mari kita syukuri umur kita. “ SELAMAT PANJANG UMUR”
Jkt, 20 April 2011
Oleh : Veronica Setiawati

3 komentar:

  1. saya juga penyuka karya beliau ini.
    bahasanya sederhana, namun reflektif.
    saya banyak terinspirasi dengan gaya menulisnya, namun saya belum pernah menulis review buku beliau.
    trimakasih sudah berbagi

    salam kenal

    Helvry

    BalasHapus
  2. benar, dan baru buku ini saya dapat membaca karya beliau. tetapi terima kasih sudah berkunjung ke blog saya dan menanggapi tulisan ini. salam kenal juga.

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Dulu.. wkt masih zaman SMA aku punya buku selamat panjang umur.. tp skrg dimana yah! Cari ditoko buku.. cm ada yg judul lain. Ingin baca ulang ttg hidup adalah cinta.. terimalah dan berilah. Kalo tdk salah menceritakan ttg cinta seorang santo valetinus.

    BalasHapus

terima kasih atas komentar anda :)