Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Minggu, 26 Juni 2011

Kumpulan Cerpen Anak : Dalam Perjalanan Pulang.

ISBN : 978-602-8597-72-2
--Yogyakarta: LeutikaPrio, 2011
Vi+117 halaman; 13 x 19cm
Cetakan pertama , Mei 2011
Penulis : Irpan Ansari
Diterbitkan oleh : LeutikaPrio
Jl. Sulawesi No. 7C Ring Road Utara, Yogyakarta 55284 Telp / Fax 0274-880387
Email : leutikaprio@hotmail.com
www.leutikaprio.com

Sebuah cerita yang mengantarkan pembaca ke nostalgia masa kecil. Kumpulan cerita yang ditulis dengan sangat baik oleh Irpan Ansari, seorang mahasiswa dan putra daerah dari Kalimantan Selatan.

Ada 30 cerita yang disuguhkan dari kehidupan anak desa yang bukan hanya bermain tetapi ada pesan-pesan moral yang disampaikannya. Cerita-cerita tersebut dikemas dalam sebuah buku yang diberi judul Dalam Perjalanan Pulang. Tentu saja setting ceritanya adalah di sebuah pedesaan yang masih terdapat perbukitan, sawah, pohon-pohon yang lebat, serta jalan yang sepi seperti sampul bukunya.

Judul Dalam Perjalanan Pulang merupakan salah satu judul cerpen dari 30 cerpen yang ada di buku. Ceritanya mengisahkan seorang perempuan bernama Maya, yang berusaha untuk datang kerumah temannya untuk mengerjakan PR sekolah. Ia tidak dapat naik angkot karena kondisi dirinya yang selalu muntah-muntah bila melakukan perjalanan dengan menggunakan angkot. Meskipun perjalanan cukup jauh dengan menggunakan sepeda ia tetap datang dan saat perjalanan pulang ke rumah Maya kehujanan sehingga berteduh di rumah tua.

Selain kisah yang dijadikan judul bukunya tersebut, ada juga kisah petualangan Ako dan kawan-kawannya. Ada cerita Badin yang dikejar anjing hingga ia naik ke atas pohon , cerita tentang Ako yang bermimpi bertemu mahluk luar angkasa, Irsan yang sedih karena ibunya sakit.

Ada juga cerita mengenai petualangan mereka ke pulau yang seram. Menurut warga , pulau tersebut ada hantunya, tetapi kenyataannya pulau tersebut dijadikan sarang pengedar ganja. Berkat petualangan anak-anak itu akhirnya polisi dapat menangkap para pengedar yang telah membuat warga beranggapan kalau pulau tersebut berhantu.
Ada kisah yang lucu, ada yang mengarukan, ada persahabatan dan arti kebersamaan.

Penulis menceritakan semua dengan bahasa yang enak dibaca. Seakan pengalaman masa kecil kembali lagi saat membaca setiap goresan dari tulisannya. Walaupun sibuk bermain, tetapi kewajiban utama jangan sampai dilupakan , begitulah yang ingin disampaikan oleh penulis.

Bila ingin berkenalan dengan penulisnya , dapat menghubungi email irfan_simfkip@yahoo.co.id atau kunjungi blog pribadinya di www.irfansp.blogspot.com.

Jakarta, 26 Juni 2011
Veronica Setiawati
Penulis buku novel perdananya yang Berjudul "Museum Cinta Sang Petualang"
www.veronicasetiawati.blogspot.com
email :g1g1kel1nc1@yahoo.com.au

2 komentar:

  1. Dulu, waktu masih SD saya sering baca buku-buku cerita di perpustakaan sekolah. Cerita sederhana, tapi penuh makna. Jauh berbeda dengan cerita anak sekarang yang mengedepankan sikap permisif dan egoistik..Hmhm....

    BalasHapus
  2. Betul..betul..betul..gua juga rindu sama cerita yang beginian..Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang diterbitkan. Ato buku cerita lama di publish kembali.

    BalasHapus

terima kasih atas komentar anda :)