Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Senin, 25 April 2011

Buku Bacaanku Yang Pertama

Resensi Buku I
Buku Bacaanku Yang Pertama

Ketika saya sedang membereskan isi lemari di kamar, banyak sekali buku disana. Selain buku, ada juga beberapa Koran dan majalah serta barang-barang lain yang sudah usang. Saya mengumpulkan dan memisahkan buku dari Koran dan majalah serta barang-barang yang lain.

Selesai beres-beres, ternyata yang saya lihat tumpukan buku sudah meninggi. Karena penasaran, saya melihat kembali buku apa saja yang pernah saya beli atau mungkin ada beberapa buku dari pemberian teman. Saya hanya geleng-geleng kepala melihat tumpukan buku dihadapan saya hingga dua baris.

Diantara buku-buku yang tersebut, terselip sebuah buku yang sudah lama. Saya teringat buku tersebut adalah buku pertama yang saya miliki. Buku tersebut dibelikan oleh alm. Bapak saya usai misa di Aula Gereja Keluarga Kudus Pasar Minggu. Buku yang mempunyai 111 halaman tersebut, merupakan sebuah buku saku yang berjudul “Damai Bagimu-Katekismus Katolik”.

Saya sebenarnya yang memilih buku tersebut karena saat itu saya masih belajar pendalaman iman katolik untuk menyambut komuni. Dan saya membutuhkan bacaan sesuai yang saya pelajari. Eh pas ada yang jual buku di aula tersebut saya minta bapak untuk membelikannya.

Waktu itu saya masih kelas tiga SD dan ada satu lagi buku yang saya beli. Buku tersebut adalah sebuah buku komik cerita perjanjian lama. Sekarang entah dimana buku tersebut. Lagipula buku komik tersebut sudah terbelah dan beberapa halaman sudah robek ataupun hilang. Sehingga rangkaian cerita yang disuguhkan oleh buku tersebut ada yang terputus.

Sampul cover sudah berubah warna menjadi kuning kecoklatan seperti terkena lumpur , demikian juga dengan lembaran buku tersebut. Cover belakang buku ini pun sudah hilang, tersobek dan entah dimana. Saya tersenyum karena melihat tulisan saya di bagian akhir lembaran. Di sana tertulis “Punya Vero jangan diambil.”, dengan tulisan yang besar, huruf cetak. Maklum saja , di kelas tiga lah saya boleh menulis dengan menggunakan pulpen oleh guru saya.

Lembar pertama setelah cover ada juga tulisan dari nama saya dan harga buku Rp 800,-. Sangat murah bila dibandingkan dengan harga buku saat ini. Cover buku bergambarkan suasana perjamuan terakhir Yesus dan murid-muridnyadisebuah rumah yang terkunci dari dalam. Diluar rumah tersebut ada sebuah danau dan perahu nelayan yang berlatar perbukitan.

Buku ini disusun oleh team STFT “Suryagung Bumi” Bandung dan penerbitnya Kanisius. Buku yang saya punya ini, merupakan cetakan kedelapan, tahun 1985 dari terbitan pertama tahun 1977. Cukup lama ya, sudah hampir 34 tahun usianya. Berarti sudah termasuk sejarah donk, karena sudah langka dan tidak terdapat di toko buku lagi. :D

Isi buku ini terdiri atas lima bagian dan masing-masing bagian terdiri atas beberapa bab. Tetapi untuk bab yang berisi tentang sakramen ada enam pasal yang dijelaskan. Penutup buku diisi dengan doa-doa harian. Dari isi pendahaluan sudah menceritakan mengenai hidup manusia yang penuh misteri dengan pengalaman hidup yang pernah terjadi. Semua misteri tersebut dapat terjawab seandainya ada jawaban. Lalu manusia mulai beriman dan dapat mengetahui siapa itu Allah yang sesungguhnya. Sampai pada akhirnya ada tanya jawab diakhir renungan.

Bahasa yang ditulis sangat sederhana dan mudah dicerna apalagi oleh saya yang waktu itu hanya anak SD. Penjelasan atau jawaban singkat disertai ayat-ayat pendukungnya yang berasal dari Alkitab. Pertanyaan dan jawaban yang ditulis juga beragam yang intinya mengenai seputar gereja, sakramen, tentang Yesus, jalan hidup seorang Kristiani, hidup bermasyarakat dan harapan seorang Kristiani tentang hidup yang kekal.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai buku ini , berikut informasinya:
Judul buku : Damai Bagimu – Katekismus Katolik
Disusun oleh : team STFT “Suryagung Bumi”
Penerbit : Kanisius, Jl. Senopati 24 – Yogyakarta
Imprimatur : Dr. Th. Huijbers OSc censor libr. Bandung 25 Mei 1977

Jkt, 20 April 2011
Oleh : Veronica Setiawati
mail to : mawarputih23@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda :)