Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Selasa, 26 April 2011

Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL – by Bambang Suharno

Resensi Buku III
Langkah Jitu Memulai Bisnis dari NOL – by Bambang Suharno

ISBN : 979-489-985-2
Judul buku : Langkah Jitu Memulai Bisnis Dari Nol / Bambang Suharno
Cet.2 – Jakarta : penebar Swadaya, 2006 , iv +116 hlm; ilus; 18cm
Penerbit : Penebar Swadaya Wisma Hijau Jl. Raya Bogor Km. 30 Mekarsari Cimanggis Bogor 16952 , telp 021-8729060,8729061 fax : 021-87711277

“Mungkin Anda salah seorang yang menunda-nunda memulai suatu usaha dengan alasan tidak punya modal, padahal Anda hanya takut gagal.” Demikian kutipan yang terdapat di sampul muka buku ini. Entahlah mungkin kata-kata yang tertulis dijudul buku tersebut sehingga tangan saya mengambil buku ini dan membayarnya di toko kasir.

Saya ingin mempunyai usaha atau setidaknya diri saya ingin saya kembangkan menjadi pelaku usaha atau owner. Lembar demi lembar buku yang memakai kertas HVS ini menceritakan banyak kisah. Kisah yang diangkat adalah pejual es campur yang sudah bertahun-tahun dan sudah berpindah tempat. Dan seorang perantau yang memulai usaha hanya bermodal Rp 70.000 hingga sekarang mempunyai usaha kursus sendiri.

Setiap kata yang disampaikan sangat mudah dipahami. Tips dan petunjuk praktis juga dijelaskan secara gamlang dan terbuka. Apa yang akan dihadapi jika memulai usaha , kemudian menghadapi persaingan, pemasaran produk dan sebagainya. Selain itu juga ilustrasi yang lucu ditampikan dibeberapa halaman membuat pembaca dapat lebih santai menyantap isi buku Bambang Suharno ini.

Disebutkan oleh penulis bahwa untuk memulai bisnis diperlukan modal. Modal yang kita miliki dapat berupa otak kreatif kita dan jaringan persahabatan yang kita miliki. Jadi tidak selalu dalam bentuk uang. Selain itu semangat dan cita-cita yang tinggi serta keyakinan yang kuat untuk menjalani usaha. Pilihan usahapun bermacam-macam untuk para pemula. Berawal dari sandang, pangan , atau papan serta kebutuhan mendasar manusia yang lain seperti pendidikan, rekreasi dan usaha yang menjadi pendukung kebutuhan tersebut.

Begitupun ketika akan mempromosikan produk. Beberapa petunjuk praktis dikemukan dengan jelas oleh penulis. Termasuk ketika menghadapi persaingan dan hal-hal yang mungkin saja terjadi seandainya pemasaran berhasil dilakukan. Perpaduan yang baik diperlukan dari 4 hal yang sangat penting, yakni produk, harga , tempat dan pemasaran. Empat hal itu sangat berguna memajukan sebuah usaha.

Bila usaha semakin berkembang tentunya dibutuhkan karyawan yang pintar mengelola. Buku ini juga memberitahukan beberapa kriteria yang dapat dijadikan tips bagi para pelaku usaha dalam menentukan karyawan sebagai asset dalam usahanya. Begitupun saat mendelegasikan pekerjaan, sehingga sebagai owner , tidak selalu hadir diperusahaan karena sudah dikelola oleh beberapa karyawannya.

Buku ini juga memuat kisah dan data mengenai mengelola keuangan , mengontrol usaha agar berjalan lancar, mengelola produk dan seandainya gagal menjalankan bisnis. Bukan hanya pengetahuan yang bisa diperoleh tetapi juga sebuah tindakan yang akan dilaksanakan setelah selesai membaca buku ini. Memulai bisnis dari Nol, tidak ada salahnya dicoba, kan?

Jkt, 22 April 2011
Oleh : Veronica Setiawati
Mail to : mawarputih23@gmail.com

2 komentar:

  1. Salam kenal buat mbak veronica setiawati yang telah menulis resensi buku saya. Rasa syukur dan kebanggan mengalir dalam hati saya ketika melihat pembaca merasakan manfaat dari buku yang kutulis.

    BalasHapus

terima kasih atas komentar anda :)