Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Selasa, 26 April 2011

Guru Writing Berdiri Murid Writing Berlari – by Anang YB

RESENSI BUKU IV
Guru Writing Berdiri Murid Writing Berlari – by Anang YB

ISBN : 978 – 602 – 8687 – 22 – 5
Judul Buku : Guru Writing Berdiri Murid Writing Berlari / Anang YB
Cet.I 2011; 150 x 230mm ; 120hlm
Penerbit : Pustaka Grhatama, Gedung Galangpress Centre Jln Mawar Tengah No. 72 Baciro Yogyakarta 55225 telp 0274 554985 , 554986 , Fax 0274 556086

Ketika saya sedang berseluncur di internet, saya menemukan buku ini ada disebuah website milik penerbit. Saya tertarik dengan sampul depannya yang sangat sederhana. Mungkin juga karena saya ingin membuktikan isi buku penulisnya dalam status di FB-nya mengenai buku ini.

Dengan memberanikan diri, saya membeli buku ini dengan sistem online. Beberapa hari sudah saya terima dirumah. Ternyata memang menarik isinya, bahasanya mudah dan seperti membaca cerita seorang anak remaja yang asik dengan hobby mengarangnya. Dan memang buku ini ditujukan bagi para remaja yang mempunyai kemauan untuk menjadi pengarang atau penulis cilik.

Seperti halnya sebuah cerita anak remaja, dukungan dari orangtua menjadi faktor yang sangat berpengaruh. Penulis menceritakan betapa dekatnya anak remaja yang telah menjadi pengarang cilik ini, dengan kedua orangtuanya. Bentuk dukungan dan keakraban dari orangtua atas dirinya terlihat dari isi buku dari awal hingga akhir. Penulis memaparkannya dengan sangat apik dalam bukunya. Walaupun dibungkus dengan cerita keluarga tetapi tujuan utama dari buku ini dapat jelas terbaca.

Ternyata, setelah membaca isi buku yang terdiri atas 15 bagian ini membuat saya semakin menyukai dunia mengarang. Dan bukan hal yang sulit untuk menjadi seorang pengarang dan bisa menang jika mengikuti sebuah lomba mengarang. Beberapa tips menarik dan mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya dituangkan dengan sangat menarik oleh Anang YB, sebagai penulisnya.

Pesan-pesan yang tertulis di kulkas , susunan kata yang berasal dari kamus, atau dengan berbalas pantun, menonton televisi atau mengembangkan cerita lama dapat menjadi ide untuk memulai penulisan. Kemudian ide-ide tersebut ditulis ulang dalam sebuah tulisan yang lebih rapi.

Nah, kalau ide datang di saat yang tidak tepat, misalnya sedang dijalan atau jauh dari komputer dan tidak membawa alat tulis, bagaimana? Penulis menjawab kekawatiran itu dengan memberikan solusi yang sederhana di dalam buku ini.

Begitupun saat menciptakan tokoh-tokoh dalam tulisan serta lokasi yang mendukung dalam cerita yang dibuat. Buku ini juga memberikan solusi yang praktis. Sehingga setiap pembaca buku ini seperti menemukan mata air, dikarenakan mungkin saja saya atau penulis lain saat membuat jalan cerita , pada akhirnya mentok pada lokasi tertentu saja.

Setelah semua masalah tersebut diatas terjawab, ada lagi solusi yang dipaparkan oleh penulis. Karangan yang menarik tentunya akan membuat pembacanya tertarik membacanya sampai habis atau hingga mungkin dapat membacanya berulang kali. Ada rahasia yang diungkapkan penulis di buku ini, agar karangan yang dibuat begitu menarik dibaca dan tidak monoton. Selain itu ada beberapa trik menarik yang dibutuhkan seorang pengarang supaya dapat menyelesaikan tulisannya lebih cepat dan saat mengedit tulisan yang sudah rampung tersebut.

Hmm.. Setelah membaca buku ini dijamin Anda yang memikirkan cara mengarang yang baik akan menemukan jawabannya. Buku ini tidak akan membuat kening pembaca menjadi berkerut saat membaca. Apalagi bagi anak sekolah yang masih duduk di SD-SMP pun akan dapat mencerna dengan baik apa yang disampaikan oleh penulis.

So, para pengarang muda dan Anda yang cinta dengan dunia tulis menulis, jangan ragu untuk memiliki buku ini yang kini telah menjadi “Kitab Sakti Penulis Tulen”!

Jkt, 22 April 2011
Oleh : Veronica Setiawati
Mail to : mawarputih23@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda :)