Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Sabtu, 02 Juli 2011

Backpacker Untuk Wanita.. ( Keliling Dunia Dengan Modal Ransel ).

Judul : Backpacker Untuk Wanita.. ( Keliling Dunia Dengan Modal Ransel ).
ISBN ; 978-602-95175-3-8
Penulis : Endah Kemala
Cover Design : Oesman
Layout : Budi
Editor : Lina Purnawanti
Penerbit : Laskar Aksara
Jl. Rajawali II No. 3 Perum Kranggan Permai, Bekasi, Jawa Barat
( email : laskaraksaramedia@gmail.com ; telp 021-90407105 )
Cetakan Pertama, 12.5cm x 19cm, 195 halaman
Distributor : Niaga Swadaya
Jalan Gunung Sahari III/7 Jakarta 10610
Telp : 021-4204402, 4255354
Fax : 021 4214821

Jika saya perhatikan , saat ini dunia petualang bukan hanya didominasi oleh kaum pria saja deh. Coba saja tengok bila sedang mengikuti kegiatan outdoor, pasti jumlah peserta wanita lebih banyak dibandingkan pria. Bener kaaan?? Mungkin karena fenomena dari jumlah peserta wanita yang semakin hari semakin bertambah, maka penyusun dan penulis buku Backpacker Untuk Wanita yaitu Endah Kemala membuat buku khusus wanita yang mempunyai kegemaran backpacker.

Apa sih backpacker itu? Naahh itu dia yang ingin saya ketahui. Banyak para pecinta petualangan bilang "Backpackeran", maksudnya apaan sih? Di dalam buku ini, penulis menjelaskan asal usul kata tersebut dengan sangat detail termasuk definisi backpacker itu sendiri.

Membaca buku Endah Kemala yang sampai 195 halaman ini, saya semakin mengerti tujuan dari backpackeran itu sendiri. Mungkin banyak orang dan beberapa negara menolak dengan adanya para backpakeran yang datang ke tempat mereka. Sebab mereka yang murni backpackeran tampak sebagai seorang gelandangan hehehe.. dan tidurnya pun disembarang tempat, kalaupun dapat gratisan mungkin punya kenalan disuatu tempat.

Tetapi seiringnya perkembangan tehknologi, persepsi dari kata backpaker semakin meluas. Mulai bermunculan istilah baru yang diadaptasi dari kegiatan backpacker, yakni Flashpacker, , Gap-packer, , Megaloping dan sebagainya.

Sebenarnya tujuan dari gaya baru para petualang tersebut adalah mencari jati diri dan arti hidup, bersosialisi dengan orang yang ditemui , dapat melihat dunia yang luas, dapat merasakan kehidupan yang penuh perjuangan.

Dan banyak hal lain, yang menjadi para backpacker ini rela melakukan kegiatan tersebut.Bahkan mungkin ada yang rela meninggalkan karirnya ataupun cuti panjang untuk melakukan perjalanan. Berbagai kisah para backpaker pun diulas ketika mereka melakukan perjalanannya.

Pada bagian Bab II, adalah judul yang membahas Wanita juga bisa Backpacking. Beberapa nama yang mengharumkan nama Indonesia , dengan menjadi backpacker. Dan beberapa wanita pendaki gunung yang telah melakukan perjalanannya ke puncak gunung.

Lalu , apa saja yang menjadi perlengkapan para backpacker terutama kaum wanita? Semua hal tentang perlengkapan dan peralatan barang-barang yang wajib dimiliki oleh para backpacker tertulis lengkap. Untuk peralatan yang standar dimiliki sih hanya tiga jenis, yakni tenda, ransel dan sleeping bag. Berarti, peralatan saya yang standar donk hehehe..

Bab III ini benar-benar jelas dan rinci banget untuk urusan perlengkapan. Sampai perlengkapan khusus buat wanita seperti pembalut. Karena ga mungkin kan, lagi di tengah hutan atau jauh dari pasar atau pusat perbelanjaan ada kejadian yang harus membutuhkan pembalut? Ngeri kali saya membayangkannya. Trus , satu lagi hal yang paling penting selama perjalanan menjadi backpacker , yakni KESEHATAN!

Sudah siap perlengkapan dan peralatannya lalu kemana neh tujuannya? Waah,, Indonesia itu banyaaaaakk sekali tempat yang dikunjungi dan indah-indah. Pilih saja salah satu tempatnya dan datangi deh. Kalau masih bingung, penulis memberitahukan beberapa tempat yang dapat menjadi pilihan seperti Kota Tua Banten Lama, Sawarna, Kota Gede dan Mataram Lama, Lombok –Rinjani, Sang Anak Krakatau, Candi dan banyaaak lagi. Plus tempat menginapnya!

Pada bagian terakhir , ada intipan dari penulis dari beberapa backpacker wanita dan persiapannya apa aja. Waah, ternyata pengalaman mereka seru banget. Dan tak lupa, penulis memberikan tips dan trip saat memulai backpacking. Seperti, rencanakan dengan matang tempat yang ingin dikunjungi, bawa obat-obatan pribadi, pakaian secukupnya, serta kenali tempat yang akan dikunjungi dengan informasi yang sebanyak-banyaknya dan masih banyak lainnya lagi.

Buku ini memang merupakan sebuah buku panduan bagi para backpacker wanita. So, ladies… nikmati perjalanan kalian sebagai seorang “Backpacker”.

Jakarta, 02 juli 2011

Veronica Setiawati
Fb : facebook.com/g1g1kel1nc1
www.veronicasetiawati.blogspot.com

1 komentar:

  1. hmmm serunya berpetualang ala backpacker, tapi tetep aja sepertinya perlu dana yang lumayan yach hehehe

    salam kenal kak vero

    BalasHapus

terima kasih atas komentar anda :)