Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Senin, 03 Oktober 2011

Gua Maria Rangkas Bitung

Pernah mengunjungi Gua Maria Rangkas Bitung?

Gua Maria Rangkas Bitung terletak di tempat yang agak jauh dari pusat kota Rangkas, tepatnya di Lebak,Serang-Banten.Letaknya yang tidak jauh dari perkebunan kelapa sawit dan dekat pool bus Rangkas Bitung. Untuk dapat mencapai tempat tersebut juga membutuhkan kesabaran karena jaraknya yang jauh dan juga kondisi jalan yang masih dalam perbaikan ( saat ini ). Setelah keluar dari Tol Balaraja perjalanan masih sekitar satu jam lagi menuju Rangkas Bitung.

Sepanjang perjalanan yang dilihat hanya tanah lapang yang luas dan tanpa lampu penerangan sedikitpun di pinggir jalan. Membayangkan seandainya pulang malam seperti apa ngerinya melewati jalan ini yang gelap. Belum lagi kondisi jalan yang masih dalam perbaikan dan di lalui kendaraan besar atau kecil atau motor secara bergantian dengan arah di depannya.

Karena masih adanya perbaikan jalan tersebut, maka digunakan beberapa orang untuk memanfaatkan kesempatan ini meminta uang recehan dari para pengendara yang lewat. Dan bila sampai di perempatan yang terdapat tugu, belok kiri hingga menemukan rel kereta untuk sampai ke Gua Maria. Dan tak jauh dari pertigaan jalan di sebelah kiri terdapat sebuah akademi perawatan Yatna Yuana. Di dalam kompleks tersebut terdapat Gua Maria Kanada dan tempat peribadatan Jalan Salib di Lebak Rangkas Bitung.

Tempatnya masih sangat alami dan dipenuhi oleh hutan juga perkebunan. Halaman parkir akper ini memang cukup luas untuk menampung kendaraan bus ataupun kendaraan pribadi. Namun, jalan masuk ke dalam area parkir yang hanya cukup satu bus dan cukup merepotkan bila menuju halaman parkir.Saat rombongan kami tiba, petugas ziarah Gua Maria sudah menyambut kami dan mengajak kami untuk mengikuti Misa. Setelah misa, baru dimulai ibadat jalan salib.

Untuk memulai jalan salib di mulai di samping gedung akademi yang banyak terdapat pohon kapuk. Sekarang, halaman depan dari Akper ini sudah dibangun lapangan futsal. Hanya untuk tempat yang digunakan sebagai jalan salib belum juga dibangun, masih beruba tanah dengan ditimbuni dedaunan ataupun ranting-ranting kering. Dan di tengah perjalanan terdapat bekas abu bakaran dari dedaunan kering.


Ada empat belas perhentian. Jarak antara satu perhentian ke perhentian cukup jauh. Dengan bentuk perhentian yang unik, beratap seng dan tengahnya yang terdapat gambar dari setiap perhentian dari kisah Jalan Salib. Di alasnya ada tempat untuk meletakan lilin dari para peziarah.

Namun sayang, setelah selesai melaksanakan ibadat, beberapa orang yang entah siapa mereka mengambil lilin-lilin tersebut dan memasukannya ke dalam kantong plastik mereka. Entah apa yang akan dilakukan dengan lilin yang sudah terkumpul itu, apa akan dilebur dan dibuat lilin yang baru kemudian dijual lagi kepada para peziarah yang datang ke tempat ini. Mungkin, suatu saat jika tempat ini menjadi tempat yang sangat banyak dikunjungi akan ada pembenahan yang lebih baik.

Di tengah halaman terdapat beberapa tempat istirahat dengan bangunan balai yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul. Setelah selesai ibadat jalan salib, ketika menuruni anak tangga akan melihat bangunan di sebelah kiri, itulah letak Gua Maria. Gua yang dibangun dari beberapa tumpukan batu karang yang berwarna putih. Di bagian dalam gua ada sebuah ruang doa bagi para peziarah.

Di sebelah bangunan Gua Maria terdapat kapel. Atap langitnya sangat tinggi dan berbagai tiang yang terbuat dari kayu menyangga atapnya. Lantainya dari keramik. Saya berdiam di depan altar dan mengamati bangunan ini. Spertinya sudah ada yang berubah pada bagian atapnya diatas altar tidak terbuka dan sekarang sudah ditutup.

Semoga tempat ini semakin dapat mengembangkan diri menjadi sebuah tempat dimana umat Katolik dapat berkumpul dan berdoa serta dari tempat ini setiap orang yang datang dapat merenungkan dan menemukan kasih Allah.

Salam ,

Veronica Setiawati

*Perjalanan bersama Lingkungan Sta. Anna Maria, Paroki Trinitas Cengkareng - Jakarta Barat, tanggal 02 Oktober 2011*

Berikut ini album foto yang saya pernah ambil saat berkunjung ke tempat ini 03 Agustus 2008 yang lalu : http://g1g1kel1nc1.multiply.com/photos/album/26/Gua_Maria_Bukit_Kanada_-_Rangkasbitung_Serang_-_Banten#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda :)