Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Kamis, 13 Juni 2013

Pembatalan Tiket


Huh.. akhirnya bisa bernafas lega setelah berpusing-pusing ria dengan urusan pembatalan tiket kereta api. Tapi ada untungnya juga sih, yakni saya bisa belajar mengerti supaya lebih hati=hati dalam membuat tiket kereta api. Urusannya ribet buangget , wuaah ga lagi-lagi deh, tapi buat para pelanggan juga kalo kasih info juga yang bener yaa , kalau salah urus sendiri deh pembatalannya. Makanya saya meminta para pelanggan yang mau pesen tiket itu kudu , musti , wajib, isi formulir pemesanan , supaya yang buat tiket itu tidak disalahin.. oke sudah ngerti yaa..

Trus kalau ada pembatalan tiket bagaimana donk? Tiketnya musti gimana dan caranya ??
Sini saya beritahu yaa…

Struk pembelian yang kita dapat selesai proses pembuatan tiket oleh petugas ticketing adalah bukti buat kita untuk menukarkannya dengan karcis kereta api. Penukaran menjadi tiket hanya dapat dilakukan distasiun KA yang online , sesuai tempat misalnya : Jakarta Kota, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cirebon. Dan saran saya sih sebaiknya satu jam sebelumnya sudah ada disana.

Koq harus satu jam sebelumnya? Proses pencetakan itu butuh waktu , ya kan? Nomor kode booking yang tercantum di struk pembayaran akan diinput oleh petugas tiket distasiun. Setelah itu dicocokan dengan nomor identitas kita yang dicantukan dalam struk tersebut. Kalau cocok diprint deh di kertas tiket yang sudah disediakan di mesin printernya. Tiket siap untuk kita yang akan pergi naik kereta sesuai tujuannya. 

Dan alasan yang lain, kenapa harus datang lebih awal satu jam , bayangin ga sih kalau sampai disana ternyata harus antri dengan calon penumpang yang punya urusan yang lain juga? Kebayang ga udah cape antri dan datangnya pas-pasan trus harus buru-buru karena keretanya mau berangkat?? Aaarrrggghh…  stress gila deh! So, lebih baik menunggu dengan tenang daripada buru-buru karena terlambat kan???  Ruginya banyak , apalagi kalau udah terlambat tiketnya tidak bisa dibatalin lagi dan uang tidak bisa kembali,.,,, duuuh rugi berlipat-lipat deh…

Oia, bicara soal cancel tiket tuh memang hanya bisa dilakukan distasiun kereta api dan caranya datang aja ke ruangan customer service lalu minta formulir pembatalan kereta. Ga usah malu-malu kalau mau batalin tiket, pasti dibantuin koq oleh petugasnya dan diarahin bagaimana mengisi formulir lalu proses selanjutnya adalah ke counter loket untuk proses pembatalan.

Ada dua cara pengambilan tiket yakni tunai , yang dilakukan pada stasiun tempat pembatalan tiket dan kedua secara transfer, silakan tulis nomor rekening yang akan ditransfer. Setalah itu petugas tiket stasiun akan mencatat jumlah angka yang akan dikembalikan. Dan jangan langsung minta hari itu juga bila diganti tunai, tetapi tunggu satu bulan berikutnya. Kan nanti ditulis tanggal penggambilan atau transfernya oleh petugas tiket stasiun. Jadi harap sabar menunggu hehehe.. Dan biasaya besar biayanya dipotong sebesar 25% dari harga tiket.

Demikian juga bila ternyata kita salah pilih kereta , bisa juga dicancel dan diganti dengan mengisi formulir pendaftaran lagi , tetapi ada biaya tambahan sebesar 25%. Nanti tiket yang lama dibatalkan dan dibuatkan lagi tiket yang baru dengan kereta yang benar. Ribet yaa… ?? hehehe.. belajar aja untuk tertib administrasi kan cara ini untuk menghindari calo dan hal-hal yang merugikan penumpang, misalnya membeli bangku diatas kereta kepada petugas padahal jelas-jelas bangku tersebut sudah dibeli penumpang lain dan dalam hal keuangan juga bisa mengurangi korupsi karena database dari perputaran uang akan jelas terlihat. Eh, tapi benarkan analisa saya ini? hehehe..

Bersyukur aja sih akhirnya saya bisa belajar mengerti pekerjaan orang lain yang ribet melayani permintaan seperti yang saya juga lakukan, walaupun hanya sebagian kecil dari pekerjaan mereka ( petugas ticketing stasiun ). Satu hal lagi, ternyata banyak juga orang-orang yang belum mengerti mengenai pemesanan tiket online. Ada baiknya sih, informasi pembelian tiket tidak harus menumpuk di stasiun tetapi kepada agen-agen atau supermarket yang menyediakan jasa penjualan tiket kereta api ini.

Semoga makin maju dan lebih baik lagi transportasi di Negara kita tercinta ini. Amin yaaa…

Salam dari tukang bikin tiket

Veronica Setiawati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda :)