Kraukk.com

728 x 90

my twitter

Follow g1g1kel1nc1 on Twitter

Kamis, 25 Agustus 2011

Buying Office Girl - Very Mumet Everyday

Judul : Buying Office Girl
ISBN : 978-602-208-004-6
Jumlah Halaman : 176 halaman, uk 13 x 19cm
Non Fiksi - Komedi

Penulis : Dian Kristiani
Penyunting : Tyas
Penata Letak : Techno
Ilustrasi dalam : Agoes Harnowo
Desain Sampul : Ellina Wu

Penerbit :Gradien Mediatama
Jl.Gedongkuning 117 Yogyakarta 55171
Telp 0274 382 780 Fax : 0274 382 779
email : gradienmediatama@gmail.com
web : gradienmediatama.com
blog : bloggradien.wordpress.com

Menyimak buku dari penulis Dian Kristiani yang berjudul "Buying Office Girl" , terus terang membuat saya melihat pekerjaan saya sendiri. Sama seperti yang diceritakan oleh Dian diawal bukunya, sebulan kerja baru tahu pekerjaannya. kalau Dian, sebagai penulisnya buying apa saja di perusahaannya , nah kalau saya pada bidang tertentu yakni barang-barang elektrikal untuk keperluan perangkat power supply. :)

Maaf ya ini cuma numpang iklan aja. Lagian saya narsis amat deh, ini kan mau cerita bukunya Dian Kristiani, penulis Buying Office Girl itu dan bukan cerita buku saya ya.. :D Sekali lagi, saya minta maaf yaa..

Lagi, sebuah buku yang menceritakan sebuah profesi hadir di tengah kita. Seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Semarang akhirnya hijrah ke Surabaya dan di kota Pahlawan ini ia memulai karirnya sebagai Buying Office Girl.

Pengalaman saat ia interview, diterima kerja, teman-teman sekantor yang akan bekerja sama dengannya semua diperkenalkan di dalam buku ini. Biar dalam kondisi apapun yang namanya teamwork itu kudu harus solid.

Bukan hanya itu saja, banyak cerita yang konyol dan lucu didalam pekerjaan, baru disadari setelah membaca buku ini. Dan Dian, menyampaikannya dengan gaya yang khas dalam tulisannya sehingga para pembaca ikut tertawa atau mungkin mengatakan seperti saya, "gila! sama neh kejadiannya seperti gue!"

Buku ini sama seperti judulnya, menceritakan inti dari pekerjaan si penulis yang berhubungan dengan banyak orang seperti supplier, buyer, customer, gudangers, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dan si penulis berhasil mencatat dengan baik setiap karakter masing-masing orang didalam bukunya.

Penulis banyak memakai percakapan di dalam tulisannya. Misalnya percakapan antara dia dan supplier atau dengan big bossnya, dan sebagainya. Seneng sih, jadi seperti ikut "nimbrung" di dalam pembicaraan mereka. ;p ( atau mungkin lagi tren kali yee penulisan model kek gitu?)

Ada juga cerita seputar dirinya yang juga ibu rumah tangga yang mempunyai dua orang anak. Saat sedang ditinggal pembantu rumahnya, ia mengajak anaknya ketika kerja eh ternyata ada masalah dengan kemaluan anaknya lalu anaknya tersebut di sunat mendadak.

Selain itu juga saat menjenguk temannya yang terkena stroke, disananlah ia mendapat pencerahan dalam keluarga dan berumah tangga. Satu bab , ia bercerita bagaiman ia kesal dengan suaminya karena seperti tidak perduli dan hanya leyeh-leyeh saja. Emosinya memuncak dan sampai akhirnya ia tersadar setelah mejenguk temannya yang kini dirawat oleh suaminya dirumah. ppffh, saya pun ikut terharu membacanya.

Ada juga sih kisah yang unik dan lucu saat penulis menceritakan pengalamannya ketika bertemu suppliernya. Saat dijemput di stasiun kereta, dia dan rekan kerjanya menyangka kalau orang tersebut adalah supir perusahaan. Setelah sampai di hotel, supir tersebut diberikan tips sebesar Rp 20.000,-. Setelah diantar oleh supir lain yang lebih keren dan wangi - dan penulis menyangka ia adalah ownernya ternyata kenyataan berkata lain, supir yang menjemputnya di stasiun itulah owner perusahaan tersebut!

Dan kebayang kan bagaimana malunya si penulis ketika ia tau bahwa orang yang item, jelek dan seperti orang yang tidak mandi itu bahkan sudah diberikan tips adalah pemilik perusahaan hehehe.. pingsan di tempat deh!

Lainnya adalah kisah sedihnya yang karena ordernya sejumlah US$5 dibatalkan hanya karena kaki meja grajen. Jadi ketika buyer bule itu mengamati hasil meja dari si pabrik , ternyata terungkap bahwa ada kecurangan. Kaki meja tersebut berisi serbuk kayu sisa gergajian alias sawdust alias grajen. Gara-gara itu, ia dapat SP dari kantor pusat, ga dapat bonus , dan gaji ga naik! poor Dian :(

Banyak lagi kisahnya yang bikin perut sakit karena banyak tertawa. Kayaknya dibaca khusus orang-orang dewasa deh atau yang baru mau kerja.Karena ada beberapa bab yang hanya wajib diketahui orang dewasa saja :D

Karena pekerjaannya berhubungan dengan orang asing diluar negeri tentunya dengan sistem yang sangat ketat. Banyak komentar yang ditulis oleh si penulis mengenai orang-orang Indonesia dimata orang asing. Kebanyakan mereka menilai buruk tentang Indonesia. Salah satunya ketika meminta air dingin tapi pelayan resto membawa air mineral dan es batu.

Jelas si bule menolak, dan tau apa yg dia katakan? bahwa bangsa Indonesia membuat batu es itu dari air yang kotor. You know, dia bilang air dari sungai ciliwung atau sungai yang lain yang dibuat menjadi es batu. hmm.. what do you thing about that sodara-sodara???

Buku Buying Office Girl ini memang bikin geregetan, haru, ketawa! Tetapi banyak hal yang dapat dipelajari mengenai karakter orang-orang yang berhubungan dengan kita dalam dunia kerja. Banyak hal yang tidak terduga seringkali terjadi. Dunia kerja yang mungkin membuat kita berwajah dua. Dan mungkin suatu saat karena omzet menurun perusahaan akan ditutup.

Buku ini sangat menghibur hati yang lara saat mengalami depresi pekerjaan. Penulis seakan berbagi cerita kepada para pembaca. Penulis yang bercita-cita ( walaupun mungkin tak muda lagi ) sebagai full time book writer dapat dihubungi di emailnya diankrist@yahoo.com.

Akhir kata, belilah buku kami. Kami itu, penulis buku ini dan saya, karena inilah PIL kami hehehe.. *sekali lagi sekalian narsis dan prosmosi* ;p

salam
veronica setiawati
mail to : g1g1kel1nc1@yahoo.com.au
blog : www.veronicasetiawati.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentar anda :)